Senin, 23 September 2013

Mutu Pendidikan di Indonesia Masih Rendah?

Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone) Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)
JAKARTA - Pendidikan merupakan kunci pembangunan suatu bangsa. Pembangunan ekonomi suatu bangsa bisa terjadi dengan adanya transformasi sosial dalam suatu bangsa. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah upaya untuk membina kaum generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M. Eng, Sc mengatakan bahwa akses pendidikan masih bisa ditingkatkan.

"Dari segi akses kita sudah bagus, tapi dari mutu dan daya saing kurang, program-program dari pendidikan tinggi (Dikti) akses masih ditingkatkan lagi," ujarnya, dalam sambutan peresmian USBI di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2013).

Untuk meningkatkannya, lanjut dia, dengan menggunakan dana abadi pendidikan untuk meningkatkan mutu penelitian dan pendidikan terkait kualitas.

"Kalau kita lihat bahwa akses sudah besar, tapi pada kenyataannya untuk bisa memberikan akses yang bermutu masih kurang," ucapnya.

Menurutnya, 5,4 juta orang yang kuliah yang terdiri dari perguruan tinggi negeri (PTN) 1,1 juta orang dan 2,9 juta di perguruan tinggi swasta (PTS). "Tapi ingat, bahwa yang bisa menikmati pendidikan ini hanya 30 persen," katanya.

Pemerintah menyadari, untuk meningkatkan akses untuk masyarakat menengah ke bawah membuat program bidik misi.

"Untuk itu Dikti sangat berterima kasih kepada sampoerna untuk ikut mencerdaskan anak bangsa, ini sangat kita apresiasi, USBI yang unggul di Indonesia maupun di kancah internasional," katanya.

Dia menyampaikan pesan Mendikbud, bahwa pendidikan tinggi adalah strategi untuk memutus rantai kemiskinan, Dikti punya tanggung jawab di perguruan tinggi 20 persen untuk menjamin siswa miskin.

"Ini tujuannya adalah untuk memutus rantai kemiskinan, 20 persen dari USBI dapat beasiswa, tidak hanya itu tapi biaya hidup juga," imbuhnya. (ade)



http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/373/816111/mutu-pendidikan-di-indonesia-masih-rendah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar